ANALISIS AGRIBISNIS PENGEMUKAN SAPI POTONG DI DESA TELADAN KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG (Di Lihat Dari Segi Curahan Tenaga Kerja)

2 May

PENDAHULUAN

Usaha yang telah dijalankan pemerintah dengan mengimpor sapi potong, telah meningkatkan populasi yang cukup pesat. Berbagai tingkat skala  usaha ternak sapi potong dapat dijumpai, mulai dari tingkat yang paling sederhana sampai ke tingkat modern.  Keanekaragaman tersebut akibat manifestasi dari perbedaan dalam hal motivasi, teknologi, modal dan orientasi ekonomi peternak (Adiwilaga, 1982).

Usaha peternakan sapi potong di Indonesia mempunyai masa depan yang cukup cerah bagi masyarakat yang mau mengusahakan peternakan sapi potong. Menurut pernyataan Dirjen peternakan tahun 1999 untuk memenuhi permintaan akan daging sapi, Indonesia harus mengimpor dari luar negeri sebanyak 80% sedangkan dari dalam negeri hanya 20% (Muljana., 1985).

Pada peternakan sapi potong rakyat, sebagian usaha tersebut berada pada kondisi yang serba terbatas dengan skala usaha yang relatif kecil. Walaupun demikian kedudukan ekonomi usaha ternak sapi potong ini bagi petani besar artinya, sebab kehadiran usaha ternak selain dapat memanfaatkan tenaga kerja keluarga dan limbah usaha tani, serta kotoran sapi sebagai pupuk kandang yang utama adalah mendapatkan uang tunai harian. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan pendapatan peternak, usaha ini cukup memadai untuk dikembangkan (Atmadilaga, 1975).

Mengingat peternakan sapi potong termasuk usaha dengan penanaman modal yang tinggi per tenaga kerjanya, bila dibandingkan dengan kebanyakan usaha lain. Hal ini menuntut penggunaan yang maksimum ingin dicapai. Produksi daging sapi tahunan yang tinggi merupakan hasil dari perhatian yang dicurahkan setiap hari terhadap segala hal yang berhubungan dengan breeding, feebding, dan management.  Bila secara praktis teknik tersebut diterapkan pada suatu kelompok dalam jumlah yang cukup, hasilnya merupakan pendapatan yang memuaskan (Foleyetal, 1973).

Selengkapnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: